Mengenal dan Mengetahui Jenis Hewan Herbivor

Mengenal dan Mengetahui Jenis Hewan Herbivor

Mengenal dan Mengetahui Jenis Hewan Herbivor – Di dunia ini terdapat sangatlah banyak jenis hewan yang bisa dengan mudah kita temukan dan juga bahkan masih banyak hewan yang belum di ketahui identitas dirinya sendiri. Termasuk hewan apa yang herbivor ataupun omni bahkan yang pemakan segalanya. Tidak ada yang bisa menjamin dan dapat mengetahui berbagai jenis detail dari suatu hewan tanpa adanya sebuah penelitian besar dan sangat serius untuk di lakukan,

Kita semua tentu tahu bahwa berdasarkan makanannya, hewan di muka bumi ini terbagi menjadi 3 jenis, yaitu: herbivor (pemakan tumbuhan dan sayuran), hewan karnivora (pemakan daging), dan hewan omnivora (pemakan daging maupun tumbuhan dan sayuran).

Namun, tahukah kamu bahwa hewan herbivora juga terbagi menjadi 7 jenis? Sangat banyak, bukan?
7 Jenis Hewan Herbivor

Algivora
Algivora merupakan hewan yang hanya memakan alga, umumnya animals hidup di dasar laut. Contohnya: american flag-fish, beberapa spesies udang air tawar, dan beberapa spesies siput air tawar.

Frugivora
Frugivora merupakan hewan herbivor yang hanya makan buah-buahan. Dengan demikian, frugivora juga membantu proses penyerbukan tumbuhan dengan membawa bijinya ke tempat lain. Contohnya: burung kasuari, kelelawar buah, kelelawar pteropus, lalat buah, iguana hijau, dan ikan dari keluarga characidae.

Nektivora
Nektivora adalah hewan herbivora yang hanya makan nektar. Contohnya: kupu-kupu, lebah, burung kolibri, dan possum madu.

Granivora
Granivora adalah hewan herbivora yang hanya makan biji-bijian, sehingga sering disebut sebagai predator . Contohnya: burung pipit, burung kenari, burung kutilang, burung gereja, dan burung kasturi.

Folivora
Folivora adalah hewan herbivora yang hanya makan dedaunan. Contohnya: koala, gajah, panda, okapis, jerapah, beberapa spesies ulat, siput, dan mayoritas spesies possum.

Palynivora
Palynivora adalah hewan herbivor yang hanya memakan serbuk sari kaya yang dihasilkan oleh angiospermae dan gymnospermae. Contohnya: sebagian besar spesies serangga seperti lebah, tawon, ngengat, semut, lalat, kumbang, dan kupu-kupu, juga laba-laba, tungau, dan beberapa spesies burung.

Xylophage
Xylophage adalah hewan herbivora yang hanya makan kayu. Contohnya: rayap, kutu kayu, tawon kayu, kumbang kulit kayu, cacing kapal, dan ikan panaque.