Apa Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia?

Apa Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia

Sehatbrunei.com – Ini dia manfaat olahraga bagi kesehatan jiwa, meskipun Anda hanya melakukannya selama 30 menit per hari, namun kegiatan tersebut dinilai akan mengubah ‘rasa’ hari Anda sejak pagi sampai malam hari Anda menutup mata. Saat Anda berolahraga, ada senyawa kimia bernama endorphin yang lepas ke dalam darah dan hal tersebut membuat Anda lebih segar dan enerjik sepanjang hari. Bahkan senyawa kimia tersebut juga bisa membuat otak Anda lebih rileks. Manfaat olahraga lainnya bagi kesehatan jiwa yaitu mampu menurunkan tingkatan stres yang sedang dimiliki seseorang. Meskipun hanya melakukan gerakan-gerakan kecil, namun diketahui bahwa olahraga juga bisa memberikan efek relaksasi yang mampu menimbulkan dampak positif bagi siapapun yang melakukannya.

Terlebih lagi jika olahraga dilakukan di luar tempat tinggal atau tempat kerja kita, mungkin di lapangan, gym, GOR, atau lainnya, maka itu akan memberi hiburan tersendiri karena dengan berubahnya susana akan menghilangkan kejenuhan. Ajaklah seseorang untuk menemani anda berolahraga supaya lebih menyenangkan. Selain itu efek psikologi lain yang bisa Anda rasakan adalah meningkatnya rasa bahagia, rasa marah yang berkurang dan bahkan mampu meningkatkan hubungan dengan orang di sekitar Anda. Seperti yang sudah dibahas di paragraf sebelumnya, ada fakta yang menyebutkan bahwa salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan manusia adalah mampu meningkatkan kapasitas otak.

Faktanya memang berolahraga bisa meningkatkan energi di dalam tubuh dan menambah jumlah serotonin di dalam otak. Serotonin sendiri adalah salah satu hormon di otak yang fungsinya sebagai modulator kapasitas kerja otak yang mengatur kestabilan emosi seseorang, pemahaman akan suatu hal dan juga napsu makan. Keuntungan lain dari berolahraga adalah Anda tidak perlu kesulitan mencari waktu yang tepat untuk berolahraga. Pada dasarnya untuk mendapatkan manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani, Anda bisa memanfaatkan waktu luang dan tempat apapun.

Anda bahkan tidak perlu menggunakan peralatan olahraga seperti sepatu dan sebagainya. Anda bisa melakukannya setelah bangun tidur, sambil mendengarkan musik, saat istirahat kerja, dan sebagainya. Manfaat yang mungkin tidak Anda sadari bisa didapatkan dengan berolahraga adalah Anda bisa lebih dekat dengan orang lain. Saat hubungan Anda dan keluarga sedikit renggang, ajaklah mereka berolahraga bersama. Rasakan kebersamaan dengan keluarga dan hal tersebut jelas terasa sangat menyenangkan. Selain itu Anda juga bisa bertemu dengan teman-teman baru yang mungkin memiliki hobi olahraga yang sama. Anda bisa lebih mendekatkan diri kepada teman-teman satu tim saat bermain futsal, basket, dan sebagainya.

Dan itulah manfaat olahraga bagi kesehatan manusia terutama kesehatan mental dan jiwa. Manfaat olahraga bagi kesehatan manusia yang lain adalah mampu melatih jantung Anda agar menjadi lebih kuat. Sebagai salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam kehidupan manusia, jantung bisa bekerja lebih efektif dan mampu mengurangi plak yang ada dalam pembuluh darah yang bisa menghambat pembuluh darah tersebut. Fakta inilah yang membuat olahraga sangat baik untuk jantung agar bisa memompa darah secara lebih maksimal. Seperti yang sedari tadi sudah kita bahas bahwa olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja. Tetapi olahraga juga cukup berkontribusi penting untuk kesehatan rohani atau jiwa kita. Sekarang silahkan Anda coba sendiri efek positif olahraga bagi kesehatan jiwa dan mental Anda. Misalkan saja Anda sedang melakukan program diet, kemudian Anda melengkapi program diet Anda tersebut dengan berolahraga secara rutin. Nah, hasil yang akan Anda dapatkan bukan hanya tubuh Anda menjadi lebih proporsional. Tetapi di jiwa Anda pun merasakan efek bahagia dan senang karena tubuh Anda sudah lebih proporsional.

Baca Juga  : Manfaat Renang Bagi Tubuh Dan Kesehatan

Mental Anda pun semakin kuat karena Anda sudah semakin percaya diri dengan tampilan Anda yang sudah semakin sempurna. Itu adalah satu efek domino yang sebenarnya Anda rasakan secara tidak langsung. Namun jika dikaji secara umum, manfaat olahraga bagi kesehatan manusia akan sangat terasa dan bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Manfaat-manfaat itulah yang kemudian memotivasi semua orang yang hobi atau sudah terbiasa rutin berolahraga. Kesimpulannya, dengan berolahraga Anda bisa lebih sehat, memiliki lebih banyak energi, menurunkan berat badan, mengurangi stres, dan tentunya bisa merasakan hidup yang lebih baik dan lebih positif. Ingatlah pepatah, “Dalam tubuh yang sehat hidup jiwa yang kuat.” Benar sekali, bukan? So, sekian dulu artikel mengenai manfaat olahraga kali ini. Semoga setelah membaca artikel ini Anda lebih termotivasi untuk rutin berolahraga. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Pada pendidikan jasmani pusat materi adalah siswa. Sebagai contoh: siswa diajarkan lari sprint 100 Meter. Apabila siswa-siswa tersebut tidak dapat menempuh lari sprint dalam tempo kurang dari 10 detik, maka hal ini bukanlah masalah yang besar, karena bukan merupakan tuntutan olahraga. Hal ini tergantung dari apa yang ingin dicapai dari aktivitas lari sprint 100 meter yang telah ditetapkan sebelumnya oleh guru pendidikan jasmani. Mungkin tujuan yang diinginkan melalui lari 100 meter adalah bagaimana siswa belajar untuk berkompetisi dengan siswa lainnya, melatih daya ledak anaerobik dls sehingga dapat dikatakan, sekali lagi, pemilihan dan penetapan tujuan materi ajar disesuaikan dengan kondisi siswa yang telah diketahui sebelumnya oleh guru pendidikan jasmani. 3. Pelajari secara seksama dan tuliskan kembali secara ringkas perbedaan pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan berdasarkan berbagai teori, Undang-undang No 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan tuliskan ide saudara tentang perbedaan tersebut! Pertanyaan tentang perbedaan Pendidikan jasmani dan olahraga bukanlah pertanyaan yang mudah dijawab baik oleh pemerhati olahraga maupun para pakar pendidikan.